Rabu, 03 Juli 2013

PENTINGNYA TATA TERTIB SEKOLAH



PENTINGNYA TATA TERTIB SEKOLAH
Oleh: Kak Kasiadi, S.Ag.,S.Pd.

Assalamualaikum wr.wb
Teman-temanku yang senantiasa berbahagia!  Ijinkanlah kami untuk ikut bersama kalian kelak menuju kebaikan dan keberhasilan dalam kehidupan ini.  Oleh karena itu, dalam pidato yang singkat ini kami akan menjelaskan Pentingnya Tata Tertib Sekolah.

Kita mengetahui dan menyadari bahwa untuk membentuk pribadi/prilaku yang mulya diperlukan berbagai macam cara.  Sedangkan untuk mencetak siswa yang berprilaku yang baik dan berprestasi, maka hal ini membutuhkan aturan atau norma yang biasanya dinamakan tata tertib.
Bahwa dalam rangka menciptakan suasana dan tata kehidupan sekolah yang kondusif, perlu adanya tata tertib sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata tertib sekolah dapat menciptakan disiplin dan orientasi akadmis murid sekolah pada khususnya, dan meningkatkan capaian sekolah pada umumnya.
Dengan tata tertib sekolah, siswa/siswa sekolah diharapkan dapat mengembangkan pola sikap dan perilaku yang lebih disiplin dan produktif.
Dengan tata tertib tersebut,siswa/siswi sekolah memiliki pedoman dan acuan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam melaksanakan kebijakan, program, dan kegiatan sekolah. Jika negara memiliki konstitusi, undang-undang, dan peraturan perundang-undangan lainnya, maka sekolah memiliki tata tertib sekolah.
Di sini saya akan memberikan lima manfaat atau pentingya tata tertib sekolah atau five advantages of rule in the school antara lain;
  1. Membudayakan atau membiasakan hidup yang teratur dan terarah
  2. Menimbulkan rasa saling menjaga hak dan kewajiban
  3. Mengajarkan prilaku yang disiplin dan rapi
  4. Menumbuhkan persaingan yang sehat
  5. Menjaga kebersamaan dan keharmonisan hidup
Dari uraian saya di atas, maka kita memahami betapa pentingnya tata tertib sekolah itu demi tercapainya tujuan untuk membentuk manusia yang berprestasi, berilmu dan berkepribadian yang mulya. Oleh sebab itulah,  marilah kita mentaati tata tertib sekolah dan semoga kita menjadi orang yang sukses dalam kehidupan ini.
Demikian yang dapat saya sapaikan, kurang lebihnya saya mohon ma’af yang setulus-tulusnya.  
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Nah PERTANYAAN nya !!!
Bagaimana kalau wacana ini diterapkan disekolah kita ?
silahkan komentar di blog ini atau di MADING AL-FALAH

Semoga bermanfaat dan membangun untuk semua.  
sumber: childrenenglishcoursecec

1 komentar:

  1. perlu dan sangat setuju untuk kita semua agar lebih bertanggung jawab.

    BalasHapus